Monday, March 25, 2013

Contoh soal multiple choice Perencanaan Pembelajaran

Bila menjadi guru, pasti akan sedikit dipusingkan dengan membuat soal. Tidak mudah untuk membuat soal yang memenuhi kriteria dalam mengetahui keberhasilan belajar siswa. Di perkuliah kependidikan pasti ada mata kuliah Belajar Pembelajaran. Pada mata kuliah belajar pembelajaran ini mahasiswa dituntut untuk paham akan akan cara membelajarkan peserta didik dan mengerti metode-metode pembelajaran yang tepat untuk mereka. selain itu, mata kuliah belajar pembelajaran ini memberikan tugas mengenai cara membuat soal yang baik dan dapat mencakup seluruh kemampuan peserta didik. berikut contoh soal belajar pembelajaran dan kunci jawabannya!


Tugas Perencanaan Pembelajaran
Peraturan memilih jawaban:
Ø  Berdo’alah sebelum mengerjakan soal
Ø  Pilihlah jawaban yang paling tepat
Ø  Hanya ada 1 pilihan jawaban yang paling tepat
Ø  Tidak ada jawaban ganda
Ø  Dilarang mencontek teman saat ujian
Ø  Selamat mengerjakan!
Soal
    1. Yang dimaksud dengan standar kompetensi guru adalah...
a.       Suatu kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan berdasarkan sumber
b.      Alat untuk menjamin bahwa program-program pendidikan dapat memberikan kualifikasi
c.       Seperangkat tindakan inteligen penuh tanggungjawab
d.      Suatu ukuran yang ditetapkan dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan berperilaku layaknya guru
e.       Suatu ukuran kinerja guru untuk mendapatkan jaminan kualitas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

      2.      Perencanaan pengajaran sebagai teknologi adalah...
a.       Sebuah susunan dari sumber-sumber dan prosedur-prosedur untuk menggerakkan pembelajaran
b.      Suatu perencanaan yang mendorong penggunaan teknik-teknik yang dapat mengembangkan tingkah laku kognitif
c.       Cabang dari pengetahuan yang senantiasa memperhatikan hasil-hasil penelitian
d.      Mengkreasi secara detail spesifikasi dari pengembangan, implementasi, evaluasi, dan pemeliharaan
e.       Pengembangan pengajaran secara sistemik yang digunakan secara khusus atas dasar teori-teori pembelajaran
   3. Berikut dimensi-dimensi perencanaan pengajaran, kecuali...
a.       Feasibilitas
b.      Signifikansi
c.       Relevansi
d.      Reliabilitas
e.       Adaptabilitas
   4. Manfaat perencanaan pengajaran, kecuali...
a.       Sebagai petunjuk dalam menentukan pola materi ajar
b.      Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas
c.       Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur guru ataupun murid
d.      Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan
e.       Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan
    5.      Definisi dari silabus berdasarkan kurikulum 2004 adalah
a.       Seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan peniliaian belajar
b.      Ancangan pembelajaran yang berisi rencana bahan ajar mata pelajaran tertentu pada jenjang dan kelas tertentu
c.       Seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan peniliaian yang disusun secara sistematis
d.      Suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi
    6.      Isi dari silabus kecuali...
a.       Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan
b.      Sasaran-sasaran mata pelajaran
c.       Urutan topik-topik yang diajarkan
d.      Aktivitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan pengajaran
e.       Dasar teori mata pelajaran yang akan diajarkan
     7.      Prinsip pengembangan silabus, antara lain...
a.       Ilmiah, sistematis, relevansi, konsisten, kecukupan
b.      Ilmiah, sistematis, relevansi, reliabilitas, kecukupan
c.       Ilmiah, sistematis, reliabilitas, konsisten, kecukupan
d.      Imiah, sistematis, selektivitas, fleksibilitas
e.       Ilmiah, sistematis, selektivitas, konsisten, fleksibilitas
      8.      Maksud dari aktivitas mendiagnosa kebutuhan peserta didik adalah...
a.       Para guru harus memberikan perhatian khusus terhadapa peserta didik dalam kelas
b.      Dari aktivitas ini yang terpenting adalah mengorganisasi keputusan-keputusan yang diambil
c.       Aktivitas ini mempersiapkan guru secara khusus bertalian dengan teknik motivasional
d.      Aktivitas ini dilakukan karena guru telah mengetahui sasaran-sasaran tertentu untuk menentukan keputusan
e.       Sasaran pengajaran kita melukiskan apa yang sebenarnya diharapkan dari peserta didik
     9.      Berikut ini adalah komposisi format rencana pembelajaran:
1. Materi pelajaran
2. Evaluasi hasil belajar
3. Topik bahasan
4. Kegiatan pembelajaran
5. Alat/Media yang dibutuhkan
6. tujuan pembelajaran
Urutan yang benar dari komponen format rencana pembelajaran yang tepat adalah...
a.       3-2-5-1-6-4
b.      3-2-5-6-1-4
c.       3-6-1-4-5-2
d.      3-1-6-4-5-2
e.       3-4-6-1-5-2
    10.  Berikut ini adalah salah satu model ROPES dalam persiapan mengajar, kecuali...
a.       Review
b.      Overview
c.       Presentation
d.      Exercise
e.       Reliable
    11.  Maksud dari pola aktif destruktif adalah...
a.       Pola tingkah laku yang ekstrim, ambisius untuk menjadi superstar di kelas
b.      Pola yang menunjukkan pada satu bentuk tingkah laku yang lamban dengan maksud supaya selalu dibantu
c.       Pola tingkah laku yang menunjukkan kemalasan (sifat malas) dan keras kepala
d.      Pola tingkah laku yang diwujudkan dalam benyuk membuat banyolan, suka marah, memberontak
e.       Pola tingkah laku yang menunjukkan sikap pekerja keras dan giat belajar dalam kelas
    12.  Berikut ini adalah jenis bahan ajar yang benar, kecuali...
a.       Bahan ajar cetak
b.      Bahan ajar dengar (audio)
c.       Bahan ajar pandang (visual)
d.      Bahan ajar pandang dengar (audio visual)
e.       Bahan ajar interaktif
    13.  Berikut adalah salah satu fungsi penilaian kelas yang benar adalah...
a.       Penilaian yang dilakukan oleh guru di kelas harus mendorong siswa untuk belajar
b.      Penilaian di kelas harus diarahkan untuk memantau kegiatan siswa
c.       Penilaian yang dilakukan untuk melihat pengaruh model pembelajaran dalam kelas
d.      Hasil penelitian harus dianalisa oleh guru untuk dijadikan bahan evaluasi belajar
    14.  Maksud dari didaktis adalah...
a.       Alat yang digunakan untuk evaluasi belajar siswa diakhir pembelajaran
b.      Alat yang digunakan untuk penilaian kelas berupa tes maupun nontes
c.       Alat yang digunakan untuk penilaian hasil belajar siswa diakhir semester
d.      Alat yang digunakan untuk penilaian kelas berupa praktikum dan tugas akhir
e.       Alat yang digunakan untuk penilaian hasil belajar siswa untuk tolok ukur ketuntasan









Kunci jawaban
   1.      d
   2.      b
   3.      d
   4.      a
   5.      a
   6.      e
   7.      a
   8.      a
   9.      c
   10.  e
   11. 
   12.  c
   13.  a
   14.  a